Blog Posts » Komputer » BCD (Boot Configuration Data)

BCD (Boot Configuration Data)

BCD (Boot Configuration Data) adalah Boot Manager yang sudah mulai ada sejak Windows Vista. Jika kita menginstal Windows 7 biasanya Sistem Operasi ini otomatis akan meminta sebuah partisi / drive sebesar 100 MiB (System Reserved) saat kita melakukan partisi dari awal. Sehingga BCD ada didalam drive tersebut. Jika tidak dilakukan partisi dari awal maka BCD akan terinstal di drive System bersama Sistem Operasi. Kecuali kalau sebelumnya sudah ada partisi System Reserved alias pernah dilakukan instal Windows Vista/7 + partisi awal, maka BCD tetap disitu.

Terjadi kasus saat instal Windows XP tetapi tidak ingin menghapus Windows 7 yang telah lebih dulu kita instal, kita tidak bisa masuk lagi di Windows 7. Ini dikarenakan MBR di HDD sudah otomatis berubah ke kompatibel Windows XP (ntldr). Tidak perlu khawatir, MBR bisa kita kembalikan lagi ke kompatibel Windows 7 (bootmgr) dan sekalian kita manfaatkan BCD untuk multi boot sehingga kita bisa menggunakan kedua Sistem Operasi tsb.

Tool yang kita gunakan adalah BOOTICE, download tool kecil ini di http://bootice.narod.ru/

Langkah pertama kita kembalikan MBR. Buka BOOTICE di Windows XP tsb, pada Destination Disk: pastikan mengarah ke HDD yang kita instal. Klik Process MBR, pilih Windows NT 6.1 MBR lalu klik Install / Config. Klik OK, selesai. Ubah juga PBR nya. Klik Process PBR pilih BOOTMGR boot record lalu klik Install / Config. Klik OK, selesai.

Langkah berikutnya edit Boot Menu di BCD. Masih dengan BOOTICE, klik Tab BCD Edit. Pilih Other BCD file dan browse file BCD di drive System Reserved, file tsb ada didalam folder Boot. Jika System Reserved adalah drive C berarti letak BCD di C:\Boot. Folder ini beratribut Hidden dan System. Ubah dulu pengaturan di Folder Options supaya bisa melihat file/folder Hidden dan Protected (System). Setelah ketemu file BCD lalu View / Edit. Klik Add dan pilih Windows 2003/XP/2003 boot entry lalu klik Save current system. Klik OK, selesai. Multi Boot dengan BCD sudah berhasil dibuat dan kini akan muncul tampilan Windows Boot Manager saat booting sehingga kita bisa masuk di kedua Sistem Operasi.

:)

    Date created: Wed, 31 Oct 2012 08:50:46 +0700
  • Date modified: Wed, 31 Oct 2012 10:06:04 +0700
  • Viewed: 5729 times
  • Label: Komputer
  • Share: Facebook, Twitter
  • Comm.: View (0) · Write