Blog Posts » Linux » Konfigurasi JACK Audio di Debian (Linux)

Konfigurasi JACK Audio di Debian (Linux)

AFAIK pada Debian, standarnya menggunakan PulseAudio sebagai server suara diatas sub sistem ALSA. Pada kebutuhan standar, PulseAudio dirasa cukup. Namun disaat kita bermain pada profesional audio. PulseAudio memberikan masalah seperti latency, distorsi sinyal, dsb yang menurut saya tidak stabil digunakan saat kita menggunakan program seperti fluidsynth, dll.

Setelah mengalami kendala-kendala tsb saya menemukan solusi dengan mengganti server audio ke JACK. Yang saya rasakan JACK lebih stabil dibanding PulseAudio.

Namun timbul masalah baru. Saat server JACK (jackd) aktif, program yang tidak mendukung output audio ke jack seperti quodlibet (pemutar musik), menjadi silent. VLC juga menjadi silent namun VLC memiliki plugin untuk konek ke jack yaitu vlc-plugin-jack yang tersedia di repository. Untuk SMPlayer sepertinya sudah dilengkapi support jack (tersedia di Pengaturan). Untuk program-program yang mendukung JACK bisa dilihat di http://jackaudio.org/applications/

Untuk program yang standarnya menggunakan PulseAudio kita gunakan pulseaudio-module-jack. Setelah instal paket tsb lalu edit /etc/pulse/default.pa, cari baris #load-module module-alsa-sink (pada bagian ### Load audio drivers statically), paste dua baris berikut setelah baris tsb:
[Normal][RAW][Download]


Untuk program seperti quodlibet atau yang menggunakan gstreamer, sepertinya perlu instal juga gstreamer1.0-pulseaudio agar bisa 'konek' via pulseaudio-module-jack. Karena tidak ada atau belum tersedia plugin jack secara langsung untuk gstreamer. CMIIW.

Jadi urutan kerjanya mungkin seperti ini:
quodlibet -> gstreamer1.0-pulseaudio -> pulseaudio-module-jack -> jackd (server JACK) -> ALSA
VLC -> vlc-plugin-jack -> jackd (server JACK) -> ALSA
SMPlayer -> jackd (server JACK) -> ALSA

Akhirnya setelah instal pulseaudio-module-jack tsb masalah teratasi. Semua player menjadi tidak silent meskipun tidak mengatur output audio ke jack, namun alangkah baiknya atur ke jack bila sudah menggunakan jackd sebagai server suara.

Oops ini yang paling penting, instal jackd nama paketnya jackd2, lalu taruh di start-up:
[Normal][RAW][Download]


Atau jalankan via GUI, instal qjackctl. Tapi saya lebih prefer taruh di start-up.

(admin.anggit.com)


Fatal error: Class 'ZipArchive' not found in /home/anggit/public_html/_wildcard_/blog.php on line 60