Blog Posts » General » Membuat Virtual Subdomain

Membuat Virtual Subdomain

Ya seperti yang Anda lihat di blog ini menggunakan virtual subdomain. Dengan virtual subdomain kita bisa membuat home url untuk banyak user seperti user.domain.com.

Bagaimana caranya? Ya syarat utama kita harus memiliki hosting yang support wildcard subdomain. Hosting dengan fitur unlimited subdomain biasanya support wildcard sudomain. Cara membuat wildcard subdomain intinya sama seperti membuat subdomain biasa. Kita hanya perlu membuat subdomain dengan "_" atau bisa juga "*" (tanpa tanda kutip) di panel hosting. Misal kita buat _.domain.com. Dengan membuat wildcard subdomain otomatis kita harus menentukan direktori untuk subdomain tersebut yang nantinya akan kita instal misal dengan skrip Multi User (MU).

Setelah kita membuat wildcard subdomain maka jangan lupa kita juga harus menambahkan record di DNS domain kita menggunakan "*" (tanpa tanda kutip) seperti ini:
[Textarea][RAW][Download]

  1. *.domain.com A 123.45.67.89

jika menggunakan A record, atau:
[Textarea][RAW][Download]

  1. *.domain.com CNAME domain.com

jika menggunakan CNAME.

Setelah propagansi DNS sudah berhasil maka kita bisa mengakses sembarangan.domain.com dan akan mengarah ke direktori willcard subdomain.

Langkah terakhir kita tinggal membuat file .htaccess tentunya di direktori willcard subdomain tadi dengan menambahkan mod rewrite:
[Textarea][RAW][Download]

  1. RewriteEngine on 
  2. RewriteCond %{HTTP_HOST} ^(.*)\.domain\.com$ [NC]
  3. RewriteRule .* http://domain.com/%1 [R=301,L]

Keterangan:
http://user.domain.com akan dialihkan ke http://domain.com/user dengan Redirect 301 (Moved Permanently) untuk menghindari duplikasi konten agar situs kita aman dari banned Search Engine (SEO). Jika tidak bisa dengan .htaccess maka bisa juga dengan PHP dengan memanfaatkan variabel $_SERVER['HTTP_HOST'].

Selamat mencoba, koreksi jika saya salah dan komentar dibuka. :d